Penerbit YMiC – Seorang guru merupakan pelaku utama dalam menjalankan pendidikan nasional, diharapkan seorang guru memahami bahwa setiap anak itu unik, mereka memiliki mimpi, intelegensi, bakat dan kemampuan yang berbeda. Ungkapan tersebut sejalan dengan teori seorang psikolog bernama Urie Bronfenbrenner (2019) yang menuturkan bahwa setiap anak mempunyai minat, bakat, kemampuan kognitif yang berbeda tergantung pada latar belakang budaya dimana mereka dibesarkan. Oleh karenanya, memiliki kompetensi pedagogik yang baik adalah keutamaan menjadi seorang guru. Karena hasil pembelajaran yang berkualitas ditentukan oleh kualitas guru yang bermutu (Pradina et al., 2021)
Albert Enstein pernah menyampaikan kritik untuk dunia pendidikan. Enstein mengungkapkan argumentasinya terkait dengan bakat dan minat masing-masing manusia dan memberikan ilustrasi sebagai berikut: “Semua orang adalah jenius, namun jika anda memandang seekor ikan berdasarkan kemampuan memanjat pohon, maka selamanya ikan itu akan merasa bodoh karena tidak bisa memanjatnya”. Hal tersebut menunjukan bahwa manusia memiliki potensi dan bakatnya masing-masing sesuai dengan bagaimana dan dimana manusia tersebut memperoleh pengalaman dan kematangan berfikir. Oleh sebab itu seorang guru harus sadar hal tersebut dan tidak bisa menyamaratakan kemampuan dalam diri siswa.
Buku ini hadir sebagai bahan referensi tentang strategi pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran fisika. Serta, untuk menemukan cara/langkah yang tepat tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran social emosional sebagai pembelajaran pada kurikulum merdeka.
Keterangan buku:
Penulis: Ngadinem, Dwi Sulisworo
Kertas: Softcover, HVS
Ukuran: 16 x 24 cm
Jumlah halaman: 193 hlm.
ISBN: 978-623-99811-7-4
Harga: 117.000
Dapatkan buku terbitan Penerbit YMiC : WA. 0817460004 (buku) dan www.gramedia.com (e-book)